Kamis, 26 Juli 2012

sejarah internet di dunia dan di Indonesia

Sejarah Internet di Dunia dan di Indonesia


DEPHAN AS sebagai Pelopor
Pada awalnya dulu, ketika mereka memulai proyek ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) mungkin mereka tak pernah mengira bila hasil kerja akan menjadi mendunia seperti sekarang ini. Sejarah internet dunia mencatat Departemen Pertahanan Amerika Serikat sebagai penemu jaringan komputer atau internet.
Berawal dari tujuan utama mereka yang ingin menggunakan internet untuk komunikasi data keperluan militer mereka kini telah berkembang menjadi komunikasi antar Negara dari berbagai belahan dunia. Sistem komunikasi data yang mereka kembangkan itu pada awalnya bertujuan untuk mendistribusikan informasi ke wilayah-wilayah militer mereka, agar tidak hanya tersimpan di satu tempat saja, hingga data akan tetap aman bila ada penyerangan di pusat.
Email
Teknologi email atau elektronic mail dikembangkan pertama kali pada tahun 1971 oleh Roy Tomlison salah satu member yang mengerjakan proyek ARPANET. Lalu pada tahun 1972 dia melakukan penyempurnaan terhadap teknologi email tersebut. Lambang @ atau dibaca at juga mulai diperkenalkan saat itu. Pada tahun ini jumlah node computer yang terhubung baru 23 buah. Yang terdiri dari kalangan Departemen Pertahanan dan juga Universitas.
Sejarah internet dunia mulia berkembang ketika pada tahun 1973 ARPANET mulai dikenalkan kepada masyarakat di luar Amerika Serikat. Yang pertama mengenalnya adalah London, tepatnya di sebuah universitas bernama University College of London.
Semakin lama computer yang terhubungan semakin banyak bahkan sudah lintas Negara. Sehingga dibuatlah protocol yang mengaturnya yang dinamakan TCP/IP (Transfer Control Protocol / Internet Protocol).
Julukan Bapak Internet
Yang mendapat julukan ini adalah Vincet Cerf, salah satu anggota kelompok kerja CINW yang merumuskan tentang merumuskan mengenai standarisasi dan peningkatan teknologi jaringan computer termasuk internet.
Browser
Pertama kali diciptakan oleh Tims Berner Lee pada tahun 1990. Browser adalah jendela editor yang bisa digunakan untuk saling melihat jaringan computer yang tersambung dalam internet. Inilah yang kemudian disebut sebaga World Wide Web atau www.
Ketika Internet Mulai Mendunia
Dengan diciptakannnya browser maka teknologi internet menjadi cepat mendunia. Pada tahun 1994 jumlah web sudah mencapai 3000 halaman lebih, dan mulai saat itu pulai dikenal e-commerce atau perdagangan melalui internet.
Sejarah Internet di Indonesia
Bila di Amerika internet mulai dibuat pada tahun 1971, maka di Indonesia baru mulai pada tahun 1990-an. Yang memelopori adalah beberapa mahasiswa ITB salah satunya adalah Onno W Purbo. Bermula dari kegemaran mereka menggunakan radio amatir, lalu tercetuslah ide mengadopsi teknologi radio amatir itu untuk TCP/IP pada tahun 1992.
Sebelumnya pada tahun 1988, salah seorang teman Onno W Purbo mendesaknya untuk memperdalam tentang TCP/IP. Saat itu Onno W Purbo sedang bermukin di Kanada . Setelah Onno W Purbo mendalami ilmunya lalu bersama rekan-rekannya menerapkan ilmunya itu sebagai dasar sejarah internet di Indonesia.
Selain Onno w Purbo, seorang peneliti dari LAPAN yang bernama Muhammad Ihsan juga mengembangkan jaringan computer dengan teknologi radio amatir. Dia berhasil menghubungkan jaringan computer yang ada di ITB dengan yang ada di LAPAN.
Setelah jaringan komputer mulai berkembang, menyusul pula email dan yang lainnya. Hingga tak terasa sekarang ini internet telah menjamur di Indonesia, hampir setiap rumah sudah terkoneksi dengan internet baik yang menggunakan jaringan kabel, wireless atau melalui HP.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar